HARDWARE

Posted on Updated on

Hardware atau perangkat keras komputer adalah komponen yang ada pada komputer yang bisa dilihat secara fisik. Tanpa adanya perangkat ini komputer tidak akan pernah ada wujudnya. Komponen-komponen hardware terdiri dari :

• Central Pocecing Unit (CPU)

Central processing unit (CPU) atau microprocessor adalah komponen utama dalam komputer. Tanpa processor, komputer tidak akan berjalan. CPU adalah kendali utama dalam komputer. Segala perintah atau intruksi yang dijalankan komputer, berada dibawah pengawasan CPU.

• Mouse

Mouse adalah salah satu hardware yang digunakan sebagai media navigasi atau alat penunjuk pada komputer.

• Keyboard

Keyboard adalah papan tombol dalam komputer yang digunakan sebagai media input informasi (komponen untuk memasukkan data).

• Screen (Monitor)

Screen atau monitor adalah hardware yang digunakan untuk menampilkan informasi yang telah diproses oleh komputer.

• RAM (Random access memory)

RAM (Random access memory) adalah media penyimpana data sementara yang bisa dibaca dan juga bisa diubah datanya sesuai keinginan kita.

• VGA

VGA (Video Graphics A) adalah salah satu hardware yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun teks mode di layar monitor. Artinya VGA menghubungkan sistem komputer dengan monitor.

VGA dapat bekerja karena memiliki memory internal ataupun dedikasi khusus untuk tampilan. Ukuran memory VGA hampir sama dengan main memory. Tetapi dalam satuan byte. Kebanyakan VGA masa kini telah memiliki kapasitas dan clock yang tinggi.

• Power supply

Power supply adalah media kebutuhan listrik yang digunakan oleh komputer. Power supply sangat penting dalam komputer karena tanpa listrik komputer tidak bisa digunakan sebagai mana mestinya.

• Hard-disk

Hard-disk adalah media penyimpan permanent yang sangat penting pada computer. Hardisk memiliki kapasitas sangat besar untuk menyimpan data berupa dokumen atau program (harahap : 2008).

Kerusakan pada harddisk dapat disebabkan beberapa hal seperti power supply yang tidak memadai yang bisa merusak kontroller harddisk dan motor serta suhu didalam harddisk yang panas membuat kondisi hard-disk dalam lingkungan tidak stabil.

• Floopy disk

Floppy disk adalah media yang bisa dilepas dan mengijinkan kita dengan sangat mudah untuk memasukkan dan mengambil informasi dari komputer dengan menggunakan disket.

• CD ROM

CD-ROM adalah komponen hardware yang digunakan untuk pendistribusian software (program).

• CD Write

• Kabel IDE (IDE controller)

Kabel IDE adalah penghubung utama komponen hard-disk, CD-ROM, dan floppy disk dengan komputer.

• Loudspeaker

Loudspeaker adalah hardware yang berfungsi menampilkan informasi berupa audio (suara) dari komputer.

Pemasangan RAM yang kurang tepat pada slot yang diakibatkan oleh tekanan yang kurang pas pada saat pemasangan, mengakibatkan komputer menyala tetapi tidak wajar. Power supply yang tidak memadai akan merusak kontroler harddisk sehingga harddisk cepat rusak. Pemasngan kabel supply yang terbalik atau salah pasang akan mengakibatkan komputer tidak akan menyala ketika komputer dihubungkan dengan aliran listrik untuk dinyalakan kembali.

download disini

One thought on “HARDWARE

    Laporan Hasil Praktikum 2 « Erwin Harahap said:
    13 Agustus 2008 pukul 9:15 am

    […] Hamidah Suryani Lukman […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s